Diduga Banyak Penyimpangan,PJID Minta Inspektorat Aceh Singkil Audit Khusus Dana Desa Tugan

Singkilnews.id–Perkumpulan jurnalis Indonesia demokrasi Nusantara (PJID N) Kabupaten Aceh Singkil,mendesak inspektorat untuk mengaudit khusus dana desa tugan kecamatan simpang kanan aceh singkil,pasal nya dugaan banyak terjadi penyimpangan tentang pengelolaan dana desa.

Dana desa merupakan dana yang bersumber Anggaran pendapatan dan belanja Negara (APBN) pemerintah pusat yang di transfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten  diprioritaskan untuk pembangunan desa dan memperdayakan masyarakat desa setempat. 

dana desa itu sendiri bukan hanya bertujuan meningkatkan pembangunan fisik di desa tetapi juga memiliki tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan masyarakat desa itu sendiri.

“Kami menduga banyak program yang fiktif di Desa Tugan,"kata ketua PJID Aceh singkil,Aiyub Bancin,saptu(8/1/2022).

Diantaranya anggaran pemberdayaan dan fisik  yang hingga saat ini tidak jelas apa bentuknya dan apa yang telah di hasilkan.Karena tidak transparan pada masyarakat.

"Maka dari itu kami meminta kepada pihak pihak terkait supaya bisa memeriksa dan melakukan audit khusus pada Desa Tugan kecamatan simpang kanan kabupaten Aceh singkil,dalam pelaksanaan program dana desa  kuat dugaan banyak terjadi penyimpangan dan syarat korupsi dalam pelaksanaan poin poin anggaran dana desa itu sendiri,"tutup Wartawan Tipokor itu.

Sebelum nya Bupati Aceh Singkil,Dulmusrid,mengatakan kepada sejumlah awak media Rabu, (01/12/2021) yang lalu.menyebutkan Kalau ada penyalahgunaan anggaran harus di audit. Coba tanyakan ke inspektorat, mengapa Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung di desa itu tidak di audit,"katanya.

Ketika ditanya apakah bupati akan memerintahkan inspektorat untuk melakukan pemeriksaan secara khusus terhadap persoalan yang membelit kampung Tugan tersebut, menurutnya bisa saja akan ditindak lanjuti dengan perintah pemeriksaan.

“Ya. Kalau memang ada penyalahgunaan anggaran atau kewenangan, maka bisa kita perintahkan inspektorat untuk melakukan pemeriksaan khusus," terang Bupati.(red)

Related

SOSIAL 4394629308263954190

Post a Comment

emo-but-icon

item