Sejarah Singkat Desa Tanjung Mas

Singkilnews.id-Desa Tanjung Mas Kecamatan Simpang kanan kabupaten Aceh Singkil,senin,(27/12/2021).

Desa Tanjung Mas,ber kepala keluarga 222(KK) dan jumlah jiwa di taksir 600 jiwa, desa ini terletak di bantaran sungai lae cinendang, dari 116 desa di kabupaten aceh singkil,desa Tanjung Mas salah satu banyak menyimpan situs sejarah dan budaya seperti makam Ayahanda
Syeikh Abdurrauf As-singkily  yaitu syeikh  Ali Al-Fansuri.dan Masjid Ubbu diyah dibangun ratusan tahun yang lalu hingga kini masih utuh dan kokoh.

Ustad Ali Sadikin,(tokoh agama didesa tanjug mas)menuturkan,"kami masyarakat desa tanjung mas/Desa Budaya kami mengucapkan sangat bersyukur adanya kegiatan beberapa minggu yang lalu bahwa kementerian dan kebudayaan Ristek  memberikan penghargaan menujuk desa tanjung mas sebagai desa budaya.

desa tanjung mas ini  berada di pinggiran sungai lae cinendang jadi tentu saja dari dulu masa kerajaan-kerajaan kala masih pada masa kerajaan aceh yaitu jaman sultan iskandarmuda di aceh tanjung mas sudah manjadi Raja.

dan seterus nya pada masa kerajaan Sapiatuddin di situ ada seorang  masyarakat desa tanjung  mas yang menjadi mufti di kerajaan kuta Raja atau di sebut banda aceh saat ini,beliou adalah seorang ulama besar disebut dengan ulama Syeikh Abdurrauf ibnu Ali Al-Fansuri.

Nah jadi pada waktu itu masa kerajaan tanjung mas  dimasa beliau di banda aceh  ia merupakan asli masyarakat Tanjung Mas.dan waktu Raja Tanjung mas adalah seorang raja yang memimpin beberapa raja ada di aliran sungai Lae cinendang mulai dari pembuka, kalau sekarang sudah menjadi Kecamatan Singkil,"kata sadikin.dalam wawancara di chanel youtube.

Jadi mulai dari sanalah ada 7 raja dan mereka tunduk kepada raja tanjung mas, sebelum terjadi Desa budaya yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ristek Tanjung Mas adalah sebuah desa budaya maka pada kala itu adat istiadat melaksanakan kebudayaan di Desa Tanjung Mas ini sudah terjadi.

Jadi contoh contohnya seperti menaiki gunung-gunungan dan kajang-kajangan di kala pelaksaan pagelaran desa budaya kemarin di tampilkan beberapa minggun yang lalu dan termasuk tari tarian, tarian ini sebenar na seblum ada nya desa budaya ini sudah di lakukan oleh masyarakat tanjung mas pada umum nya sehingga di kala ada pesta walau pesta nikah dan Sunat Rasul tari-tarian itu ditampilkan ini lah sejarah singkat tentang Desa Tanjung Mas,"kata ustad Sadikin.(red/sukri malau)

Related

SOSIAL 6056835445201613376

Post a Comment

emo-but-icon

item