PENGENALAN EDUKASI WARNA UNTUK ANAK USIA DINI, KKN-MK K'145 SELENGGARAKAN LOMBA MEWARNAI DENGAN BAHAN BIJI-BIJIAN DI PAUD/TK SRIKANDI BLOK VI BARU

Foto:Pemberian hadiah untuk kelompok yang juara 


SingkilNews.id-Dalam rangka meningkatkan kreativitas siswa, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Membangun Kampung (KKN-MK)  Kelompok 145, Universitas Malikussaleh (UNIMAL) mengadakan lomba mewarnai bagi siswa jenjang pendidikan PAUD dan Taman Kanak – Kanak (TK), bertempat di Balai Desa Blok VI Baru, kecamatan Gunung Meriah Aceh Singkil,pada Kamis (11/11/2021).

Pelaksanaan lomba ini bertujuan untuk melatih kekompakan, ketelitian serta meningkatkan imajinasi, inovasi dan edukasi anak sehingga peserta didik akan kreatif dalam melakukan sesuatu hal.

Tati Julianti, selaku peserta KKN-MK UNIMAL mengungkapkan bahwa siswa Paud dan TK mayoritas menyukai dunia imajinasi seperti mewarnai. "Menggambar dan mewarnai adalah hal yang disukai oleh siswa Paud dan TK, namun dalam kesempatan ini kami memberikan edukasi yg berbeda kepada siswa dalam tata cara mewarnai gambar tersebut. Biasanya siswa/i mewarnai menggunakan cat warna, sementara pada acara lomba kami menyediakan biji-bijian seperti kacang hijau dan jagung sebagai penghias atau pewarna yg akan ditempelkan dengan lem fox pada gambar,"Ungkapnya.
foto:Mewarnai gambar oleh siswa/i 

Saat perlombaan berlangsung, mahasiswa KKN UNIMAL didampingi oleh Kepala sekolah Bu Putri S.Pd dan para dewan guru yang ikut serta menyaksikan dan membantu kegiatan acara. 

"Alhamdulillah antusias peserta sangat baik dan bersemangat. Hal ini tampak dari kekompakan pada setiap kelompok yg berjumlah 10 kelompok dari 70 siswa/i. Meski kelompok terlihat baik dalam berkreasi, namun beberapa peserta juga terlihat sedih dan menangis karena tidak sepihak dengan teman sekelompoknya, ini menjadi tugas kami selaku panitia pelaksana untuk membantu peserta agar saling bekerja sama tim," ungkap Asni Aliani selaku peserta KKN UNIMAL

Penilaian lomba mewarnai dilakukan oleh  Lestari Andayani dan Efrigusmeli, selaku juri memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan hasil karya terbaik seperti kekompakan, kerapian, dan kreativitas setiap peserta kelompok.

Mahasiswa KKN-MK K'145 UNIMAL memberikan hadiah sebagai bentuk penghargaan kepada kelompok yang hasil karyanya berpotensi dan sesuai kriteria penilaian. Perolehan hadiah hanya diberikan kepada kelompok 6 sebagai juara 1, kelompok 8 sebagai juara 2 dan kelompok 4 sebagai juara 3.

Pengenalan terhadap warna bagi anak-anak usia dini cukup bermanfaat untuk persiapan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan harapan, mereka akan mampu untuk membedakan berbagai warna yang ditampilkan oleh alam baik yang terdapat pada makhluk hidup seperti dari biji-bijian berwarna atau pun warna yang ditampilkan dari benda benda mati. Demikian paparan Khaidir, S.Si.,M.Si. selaku Dosen Pembimbing Lapangan.(red/sm)

Related

SOSIAL 5135045808667230124

Post a Comment

emo-but-icon

item