Ratusan Sertifikat PTSL Di serahkan Kepada Warga Desa Sebatang

Penyerahan sertifikat  kepada warga sebatang kec.Gunung Meriah


SingkilNews.id-Ratusan Sertifikat PTSL Di serahkan Kepada Warga Desa Sebatang kecamtan gunung meriah aceh singkil,penyerahan langsung oleh Kepala kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Aceh Singkil,Kamis,(14/10/2021).

Sertifikat Hak Atas Tanah Program Prioritas  Nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
Dalam penyerahan 114 Sertifikat program PTSL tahun 2021 ini, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Singkil, Muhammad Reza, S.T., M.Si, didampingi Kepala Seksi Survei dan Pemetaan, Novriansyah Rosyid Hermawan, S.S.T., serta jajarannya, langsung menyerahkannya  kepada masyarakat pemilik tanah, di Desa Sebatang, Kecamatan Gunung Meriah. 

Dalam kesempatan ini, Muhammad Reza menyampaikan bahwa Desa Sebatang, Kecamatan Gunung Meriah ini,  merupakan salah satu Desa dari 26 (Dua Puluh Enam) Desa yang ditetapkan sebagai lokasi (Penlok) PTSL di Kabupaten Aceh Singkil di tahun 2021 ini.

Kantah,juga mengatakan,"untuk Desa Sebatang tersebut telah dilakukan pengukuran dan pemetaan seluruh bidang tanahnya yakni  sebanyak 175 Persil PBT (Peta Bidang Tanah), termasuk juga dipetakan bentang alam, Fasilitas Umum (Fasum), Fasilitas Sosial (Fasos), Fitur Geografis seperti,  jalan, sungai, parit. Ditambah lagi Non Fitur Geografis lainnya (jika ada) seperti, Kawasan, moratorium gambut dan lain-lain.

Selanjutnya Reza juga menjelaskan, untuk Desa Sebatang, sudah sebanyak 121 Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) yang terselesaikan sesuai dengan target dan kuota yang berikan serta ditetapkan pada DIPA Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Singkil. 

Dimana dari jumlah 121 sertifikat yang telah selesai tersebut, sebanyak 114 sertifikat sudah diserahkan kepada pemiliknya. 

Sementara  7 (tujuh) sertifikat lagi yang telah selesai masih ditunda penyerahannya. Karena ada  permasalahan teknis maupun administratif yang wajib dipenuhi. 

Namun pihaknya pastikan sertifikat tersebut  akan selesai dan diserahkan segera kepada yang berhak setelah "clear and clean",jelas Kepala Kantor Pertanahan yang muda, energik, supel dan terlihat ramah kepada masyarakat dan para wartawan di sela-sela penyerahan dan pembagian Sertifikat Tanah, Desa Sebatang.(red/sm)

Related

SOSIAL 7134310891316639473

Post a Comment

emo-but-icon

item