Dua kepala Dinas di Aceh Singkil Mengudurkan Diri



Foto:(Ist)Gedung BPBD


SingkilNews.id- Dua Kepala Dinas (Kadis) di Kabupaten Aceh Singkil serentak mengusulkan pengunduran diri dari jabatan nya dalam Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK).Kepala BKPSDM Kabupaten Aceh Singkil Ali Hasmi,mengatakan kepada awak media Jumat (29/10/2021).

kedua pejabat eselon-II yang mengundurkan diri itu, yakni Kadis Kominfo Dirhamsah, dan Kepala BPBD Muhammad Ichsan. 

"Tidak diketahui alasannya mengundurkan diri dari pejabat eselon-II namun yang pasti Dirhamsyah telah mengajukan pindah ke jabatan Fungsional Pengawas, yaitu Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah (P2UPD) di Kantor Inspektur Inspektorat Kabupaten Aceh Singkil,"tutur Aliasmi.

Sedangkan Kepala BPBD Aceh Singkil Muhammad Ichsan, mengusulkan pindah ke Pemko Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Sebelumnya Hasmi, menyebutkan ada lima jabatan Kadis di Lingkungan Pemkab Aceh Singkil mengalami kekosongan pejabat.

Tiga jabatan kosong lantaran pejabatnya telah memasuki masa pensiun sehingga mesti meninggalkan jabatan dan dua jabatan yang tadi, yakni Jabatan Kadis Kominfo dan Kepala Pelaksana BPBD lantaran kedua pejabat eselon-II itu mengundurkan diri.

Saat ini, jabatan tiga Kadis dalam posisi pejabat pelaksana tugas (PLT) yang dinakhodai Sekretaris dinas masing-masing. Kantor Dinas yang dimaksud yaitu Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi, Dinas Kesbang Pol dan Dinas Lingkungan Hidup.

"Setelah SK tugas pejabat Diskominfo dan SK Pindah BPBD sudah resmi keluar, maka akan segera ditunjuk Plt untuk posisi jabatan di kedua kantor itu ,"ucap Hasmi.

Dikatakan untuk mengisi posisi jabatan lima Kadis itu pihak BKPSDM telah mengusulkan untuk melaksanakan seleksi terbuka lelang jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) yang sudah dilayangkan pengajuan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta.

Disamping melakukan lelang jabatan, BKPSDM juga akan melakukan uji kesesuaian kualifikasi dan kompetensi (job fit) guna selanjutnya melakukan proses penyegaran rotasi jabatan beberapa kantor Dinas yang lainnya.

Ada beberapa dinas yang menjadi atensi bupati untuk dilakukan evaluasi untuk meningkatkan kinerja ASN di masing-masing SKPK.

Kantor Dinas lainnya itu adalah Perindagkop UKM, Dinas Pariwisata Pemuda & Olahraga, Dinas Perhubungan bahkan mungkin menyusul beberapa dinas lainnya yang akan dilakukan rotasi jabatan sebagai penyegaran.

"Sudah masanya untuk dilakukan penyegaran jabatan eselon II yang menjadi atensi pimpinan serta adanya masukan dari masyarakat, mahasiswa dan lembaga-lembaga non pemerintahan," ucap Hasmi. 

Sebelum dilaksanakan rotasi pihaknya akan melaksanakan Assessment Kompetensi, sebagai proses penilaian kompetensi, yang digunakan untuk menguji fit and proper seseorang untuk menduduki jabatan tertentu, baik berdasarkan tingkatan atau eselon maupun berdasarkan bidang. 

"Dalam hal ini akan kita lihat kompetensi pejabat masing-masing untuk menduduki jabatan yang sesuai dengan kemampuannya,"tukasnya.(red)

Related

SOSIAL 5176712860632773274

Post a Comment

emo-but-icon

item