Miris Desa ini Sudah 18 Tak Tersentuh Sarana Air Bersih

Singkilnews.id-Kabupaten Aceh singkil di kenal dengan kota batuah, negeri nya Syekh abdurraup Assingkily, memeliki 116 kampung(desa)dan 11 kecamatan, perekomian nya di donasi dengan tiga sektor, yaitu sektor pertanian,kehutanan dan perikan.

Namun miris nya di salah satu desa di kecamatan singkil,kabupaten aceh singkil, tepat nya Desa Pemuka,yang berpenduduk sebanyak 109 Kepala Keluarga (KK) mengeluhkan,sudah 18 tahun lamanya masih belum tersentuh sarana air bersih di desa itu.

Sabaruddin,gcik setempat menjelaskan kepada wartawan, Rabu(7/10/2020). tidak adanya sarana air bersih di desanya dia khawatir, sewaktu waktu masyarakat setempat bisa saja akan terjangkit serangan penyakit, karena diakibatkan kurangnya sarana air bersih yang layak dikonsumsi.

“Sejak tahun 2002 hingga sekarang masyarakat Desa Pemuka hanya memakai sumur biasa, dimana air sumur tersebut hitam pekat dan agak sedikit berbau akibat tanahnya gambut atau tanah rawa, “sebut Sabaruddin.

Menurut Sabaruddin, terkait sarana air bersih dia pernah menyarankan kepada warga masyarakat Desa Pemuka, untuk membuat sumur bor yang sumber anggarannya dari dana desa. Namun saat dimusyawarahkan warga masyarakat Desa Pemuka agak kurang mendukung.

“Saya tidak berani mengambil kebijakan apabila warga masyarakat tidak menyetujuinya, karena menyangkut dana desa nantinya harus dipertanggung jawabkan dan dijelaskan, “terang Sabaruddin.

 Saya berharap terang nya, adanya perhatian dari pihak Pemerintah Daerah, khususnya dinas terkait untuk membantu memfasilitasi menyangkut sarana dan prasarana air bersih di desa kami.

“Air merupakan kebutuhan hidup semua mahluk, namun masyarakat Desa Pemuka hanya mendapatkan air bersih ketika air hujan turun, masing – masing bergegas mengambil ember untuk menampung air, agar nantinya dapat dimanfaatkan, “ungkap Sabaruddin. (red/sm)

 

 

Related

SOSIAL 6884605038666664035

Post a Comment

emo-but-icon

item