Kepala Desa Kuta Batu Salurkan BLT Tahap Pertama Kepada 15 KK

foto bersama saat warga menerima BLT kampung kuta batu kecamatan simpang kanan aceh singkil
Singkilnews.id-Kepala kampung(Desa) kuta batu kecamatan simpang kanan, kabupaten aceh singkil,menggelar penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk dua bulan Rp 1200.000,jumlah warga  penerima 15 KK, tahun anggaran 2020 bagi masyarakat terdampak COVID-19, di balai pertemuan kampung kuta batu,senin(8/6/2020)kemarin.

Hadir dalam kegiatan tersebut,Camat simpang kanan, H.Subarsono,S.M.n, Babinkamtibmas, Babinsa,kepala kampung kuta batu,R Indra Gunawan,Ketua BPG,Isnaini sambo beserta anggota,pendamping lokal desa(PLD),Bustami berutu,Para Kepala Dusun,dan masyarakat penerima manfaat BLT di desa kuta batu.

Penyaluran BLT DD ini, bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 merupakan sebagai upaya pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Desa.Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi melalui APBDes/APBkam kuta batu untuk membantu beban masyarakat yang kurang mampu dan kehilangan mata pencaharian dengan adanya himbauan pemerintah pembatasan aktivitas diluar rumah karena adanya wabah Virus corona yang setiap saat bisa mengancam kesehatan bahkan bisa mengakibatkan korban jiwa.

Sehingga sebagian masyarakat kehilangan penghasilan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Setelah mewabahnya pandemi virus corona di indonesia sejak awal maret 2020 lalu, pemerintah pusat dan daerah melalui Kementerian Desa menginstruksikan kepada para kepala desa seluruh indonesia untuk segera melakukan perubahan APBDes/APBKam agar di dalam APBDes/APBKAm hanya ada 3 (tiga) jenis program prioritas yakni Penanggulangan covid -19, Padat Karya Tunai Desa, dan Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.


Camat simpang kanan,H Subarsono,menagtakan bahwa,”Untuk desa kuta batu ini keterlambatan nya menyalurkan BLT,  tergendala dari pada Laporan pertanggung jawaban (LPJ)tahun 2019 belum siap di laporkan kepada dinas, dan kecamatan.

kemudian singkronisasi antara perangkat desa, dan masyarakat itu yang lebih kita utamakan supaya seluruh kegiatan, yang di antara kecamatan dan desa juga kabupaten berjalan dengan lancar,”tutur camat.

Kemudian menanggani  tentang data-data  BLT ini saya tegas kan supaya segera di selesai kan.terbukti setelah leberan alhamdulillah telah selesai. Dan hari inilah kita saksikan bersama penyaluran BLT untuk warga kuta batu kecamatan simpang kanan aceh singkil.


Kami berharap dari pihak kecamtan simpang kanan untuk desa kuta batu,jangan lah bercokol cokolan di desa,baik perangkat desa nya masyarakat nya,”tutur camat.karna mereka ini  bisa katakan setiap hari jumpa  apalagi dengan jumlah penduduk hanya 32 KK,jadi kami berharap kepada


semua eleman itu harus sinergi, baik itu perangkat,menggerti dan memahami tupoksi mereka seperti kepala desa pendamping desa harus mereka mengerti dan pak paham dan tanggap  ini yang kami harap kan,”tegas nya.


Kemudian Bustami berutu,selaku PLD desa kuta batu juga menambahkan,”Sebanarnya sebelum melaksanakan penyaluran bantuan ini beberapa bulan lalu,di bulan 4 april kemarin joknis nya sebelum si salurkan BLT desa harus ada musyawarah khusus (Musdesus) berapa jumlah KK, penerima BLT kemudian setelah berkordinasi dengan kepala desa hasil musdesus tersebut dirangkum beberapa KK yang dapat di merima.

sesuai dengan data yang kami terima dari desa
katagori miskin, lalu kami laporan kan kepada pihak kabupaten,”kata bustami.

                                                                                                                  
Dan pada hari ini alhamdulillah bantuan tersebut sudah di salur kan,dan harapan saya sebagai  pendamping lokal desa mari kedepan kepada seluruh pengurus desa, BPG, termasuk pendamping desa, berkordinasi agar apa yang kita dapat program kan pembangun desa.

dapat terwujud dan tercapai marilah sama-sama  kita untuk berkaja sama demi membangun masa depan desa kuta batu adapun  isu yang berkembang selama ini  jadikan itu sebagai motifasi dan intropeksi kita,jadi harapan saya mari bekerja sama dan sama-sama berkerja  baik itu  aparatur, kepala desa,BPG, serta elemen lain nya,”kata Bustami.(red/sukri malau)



Related

SOSIAL 2264818020795355440

Post a Comment

emo-but-icon

item