Hanya Simbolis, Pemilihan BPKam di Desa Ladang Bisik Diduga Pemenang Sudah di Setting

Masyarakat kampung Ladang Bisik   kecamatan Kuta Baharu kabupaten Aceh Singkil
Singkilnews-id-Pelaksanaan pemilihan badan permusawatan kampung  BPKam(BPG) di Desa ladang bisik kecamatan Kuta Baharu kabupaten Aceh Singkil,sudah melakukan pemilihan BPKam pada tanggal 10 April 2020 tepat nya  pada hari Jum'at pagi hari.

Menurut salah satu kandidat calon BPG yang mengikuti kontes tersebut di desa ladang bisik,mengatakan bahwa pelaksaan pemilihan BPKam/BPG di desa Ladang Bisik sudah di setting atau pemenang sudah di tentukan. dan perlaksananya pemilihan itu diduga dilakukan secara tidak demokratis.

Hak pilih tidak diketahui oleh kandidat atau tidak adanya keterbukaan oleh panitia dengan hak pilih, jika kandidat tidak memaksa, keterbukaan hak pilih itu. pada satu hari sebelum pemilihan mungkin sampai pemilihan pun hak pilih tidak diketahui kandidat.


Kandidat kecewa tentang penentuan hak pilih karena hak pilih diperuntukkan untuk kandidat yang dimenangkan saja.


Prosedur pemilihan ketua BPKam di desa Ladang Bisik ditentukan oleh kepala dusun masing-masing, tapi faktanya salah satu kadus tidak mengetahui Anggota yang mempunyai hak pilih diwilayahnya, itu di ungkapkan ketika rapat sehari sebelum memilih. Siapakah yang menentukan hak pilih diwilayahnya,”Ujar salah satu kandidat BPKam.


Kemudian selaku pemuda setempat Darto sagala juga menekan bahwa,Pemilihan BPKam/BPG di kampung Ladang Bisik banyak masyarakat yang kecewa, Karena pemilihannya seperti di setting, adanya pemilihan BPKam diduga hanya simbolis karena pemenang sudah ditetapkan oleh kerja sama panitia dengan perangkat desa.”Ujar Darto Sagala,kepada singkilnews.id,minggu(12/4/2020)


Masyarakat yang memilih hanya lah dari pihak satu kandidat yang dimenangkan, sedangkan masyarakat yang lain tidak ada hak untuk memilih, dimanakah keadilan,”tegas Darto sagala(red)

Related

SOSIAL 8080291135457767148

Post a Comment

emo-but-icon

item