Pukesmas Singkil Lakukan Pelatihan Orientasi STBM Stunting Bagi relawan Dan Kader


kapus pukesmas singkil saat memberikan  materi kepada peserta
Singkilnews.id-Pembangunan Kesehatan merupakan salah satu komponen pelaksanaan ke-5 Nawacita Presiden, yaitu meningkatkan kualitas taraphidup manusia Indonesia.
Di dalam Rencana Pembangunan  Pemerintah menetapkan target tersedianya akses air minun dan sanitasi universal ( 100 % ) bagi seluruh rakyat Indonesia dan Penurunan angka Stunting dari 40 % ke 28 % pada tahun 2019.

Secara spesifik Kementerian Kesehatan menetapkan empat Prioritas Kesehatan, yaitu,menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi,  Menurunkan  Prevalensi balita pendek (stunting), menanggulangi penyakit menular HIV-AIDS, Tuberculosis, dan Malaria dan, menanggulangi penyakit tidak menular Hipertensi, Diabetes, Obesitas, Kanker dan gangguan jiwa.

Terkait hal tersebut pusatkesehatan masyarakat(PUKESMAS)kecamatan singkil, kabupaten aceh singkil melakukan Pelatihan orientasi STBM Stunting bagi relawan dan kader.

Pelatihan tersebut di laksanakan  di UPTDpukesmas singkil,aceh singkil.dilakukan selama dua hari mulai dari Tanggal 12 Febuari sampai dengan 13 Febuari 2020,”kata kepala pukesmas singkil,Dokter Ayi, kepada singkilnews,Rabu(12/2/2020).pelaksaan itu yang diikuti olehpeserta 16 kader desa,dan 16 tokoh pemuda kemudian perwakilan tiap desa,

Kemudian dari kecamatan singkil ada dua orang, dan,dua orang petugas kesling pukesmas singkil.dimana sebelumnya pada tanggal 11 Febuari 2020 hari selasa sudah dilakukan orientasi dengan lintas sektor yang langsung dibuka olek pak camat singkil.
Tujuan dari pelatihan Sanitasi Berbasis Masyarakat itu iyalah, yang selanjutnya disebut dengan STBM adalah pendekatan untuk merubah prilaku higiene dan sanitasi masyarakat melalui Pemberdayaan Masyarakat dengan metode Pemicuan.

dimana diharapkan nantinya akan ada desa di kecamatan singkil yang ODF atau Bebas buang Air besar sembaranganKegiatan ini menerapkan 5 pilar STBM dan 3 pilar STUNTING,”kata dr Ayi.(red/sukri malau)

Related

SOSIAL 1901023657774830501

Post a Comment

emo-but-icon

item