Ambruk nya Talud Senilai 70 Juta Di desa kuta Batu Disinyalir Dikerjakan Asal-asalan

Afril seregar SH  LSM BARAK-AS 
Singkilnews.id-Curah hujan beberapa hari yang lalu di kampung kuta batu kecamatan simpang kanan kabupaten aceh singkil,bukan menjadi Faktor ambruk nya proyek pembuatan talud di desa kuta batu.

Melainkan Disinyalir pekerjaan itu Dikerjakan tidak sesuai dengan Rencana anggaran biaya(RAB) alias  Asal-asalan, kata tokoh masyarakat desa kuta batu,Samsir tinambunan(Nambun) kepada singkilnews.id, senin(6/1/2020).menurut nambun”  pekerjaan talud tersebut harus menggunakan pasak bumi,untuk penyangga dasar tanah agar menjadi kekuatan penahan,namun itu,menurut amatan kami tidak di buat sehingga mengakibatkan dayatahan menjadi kurang maksimal,”tutur nya.

Nah sementara  pelaksanaanya oleh pihak rekanan tidak menggunakan itu sehingga begitu terjadi hujan sedikit  terjadi lah ambruk, dan juga kami sangat kecewa dengan pembuatan talud ini, sebab pekerjaan itu tidak melalui swakelola desa melainkan itu di pihak ketigakan oleh Pj kepala kampung kuta batu.  

Samsir tinambunan  dan  afril siregar SH
Nah menurut kami selaku masyarakat  desa kuta batu kecamatan simpang kanan,mensinyalir proses pengerjaannya asal-asalan.
“Kami Masyarakat setempat meluapkan kekecewaannya terhadap pihak ketiga yang mengerjakan proyek tersebut yang diduga tidak sesuai dengan RAB, sehingga mengakibatkan talud  ambruk dan rusak parah.


sebagai masyarakat merasa sangat kecewa dengan kejadian ini seolah-olah kami dianggap orang bodoh yang tidak tahu persoalan proyek. demi meraup keuntungan  yang lebih besar kualitas pekerjaanpun mereka abaikan.

Kami menuntut pihak yang mengerjakan untuk segera membangun kembali sebab mereka yang bertanjung jawab,dan kami juga akan membuat laporan ke bupati aceh singkil, dan pihak inspektorat aceh singkil agar segera turun kelapangan untuk melakukan audit investigasi, sebab dana yang di gunakan adalah dana(DD) desa kuta batu tahun anggaran 2019. yang menelan anggaran Rp 70.000.000 an.”ungkap nya.
talud ambruk di desa kuta batu kecamatan simpang kanan aceh singkil
Sementara itu,penggiat LSM Barisan rakyat anti korupsi aceh singkil,(BARAK-AS)Afril siregar SH,mengatakan, pihaknya akan menurunkan tim ke lapangan untuk melakukan investigasi dan melakukan pengumpulan data dan bahan keterangan termasuk keterangan masyarakat dan instansi yang bersangkutan.

“kami sedang mengumpulkan bukti-bukti mengenai pekerjaan itu sebab menurut informasi yang kami dapat itu dianggarkan tahun 2019.dan itu tidak melalui musyawarah desa,ujar Afril.

Mengingat ini di ahir tahun maka,Kami akan cari tahu terlebih dahulu ke TPK desa, tentang  Pelaksanaan pekerjaan itu apakah di  kerjakan oleh pihak ketiga atau dengan cara swakelola.

dan juga akan meminta penjelasan dinas terkait seperti apa laporan pertanggung jawaban nya(LPJ).

“Jika penjelasannya tidak dapat dipertanggungjawabkan dan mengada-ada maka kami persiapkan laporan secara resmi dan mendesak penegak hukum dalam hal ini Kepolisian dan Kejaksaan segera mengusut tuntas,” pungkasnya Afril.(red/sukri malau)


Related

SOSIAL 8536168923269598325

Post a Comment

emo-but-icon

item