Masyarakat lima Desa datangi kantor DPRK aceh singkil

Masa ber orasi  di kantor DPRK aceh singkil
Singkilnews.id-Masyarakat lima Desa datangi kantor DPRK aceh singkil, terkait anggaran pengerukan danau anak laut yang  di coreng oleh dewan perwakilan rakyat  kebupaten aceh singkil paska sidang paripurna beberapa hari yang lalu.

Adapun masyarakat yang mendatangi kantor DPRK yaitu,Desa Gosong Telaga Utara, Gosong Telaga Selatan, Gosong Telaga Timur, Gosong Telaga Barat dan Desa Ketapang Indah Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil.mereka menggelar unjuk rasa di Kantor DPRK, kecamatan singkil utara Rabu (4/12/2019),kemarin.

Terjadi nya aksi tersebut di sebab kan Masyarakat merasa kecewa terhadap sikap para wakilrakyat yang mencoreng anggaran pengerukan danau anak laut.Kondisi danau anak laut saat ini mengalami pendangkalan. Apalagi pada musim surut pasang, akan terlihat bermunculan seperti pulau baru.

Pada malam hari sampan nelayan sering saling bertabrakan karena alur yang dilalui menyempit.Selain itu danau anak laut berfungsi sebagai wadah penampung debet air yang tinggi dari alur sungai. Seandainya wadah semakin dangkal, potensi banjir di daerah ujung bawang semakin lama.

"Kami menuntut DPRK untuk kembali menganggarkan biaya pengerukan danau anak laut," kata Muhammad Ishak, koordinator aksi.Anak laut merupakan akses vital transportasi masyarakat umum dan nelayan setempat.

Sempat terjadi ketegangan. Masyarakat sempat mencoba menerobos masuk ke gedung dewan, namun dihadang oleh barisan pihak keamanan yang berjaga.Fakhrudin Pardosi, anggota DPRK Aceh Singkil saat menanggapi unjuk rasa, mengklaim, kenapa dicoreng anggaran tersebut supaya tidak sia-sia.

"Menurut kajian yang memahami tentang kelautan, dengan anggaran 1 miliar sama dengan mengasih garam ke laut,"
"Kami (DPRK dengan TAPK/ Pemerintah) sepakat akan dianggarkan kembali dengan biaya 10 - 15 miliar dengan dana otsus pada tahun 2021,"Masyarakat memberikan tempo satu minggu kepada DPRK memastikan untuk kembali menganggarkan biaya pengerukan danau anak laut.

Unjuk rasa berakhir dengan saling memaafkan masyarakat dengan pihak keamanan yang sempat bersitegang.Saat awak media mengkonfirmasi,bahwa pimpinan dewan, Ketua dan Wakil sedang berada diluar daerah. (red/sukri malau)



Related

SOSIAL 8568953733019052079

Post a Comment

emo-but-icon

item