Pembangunan di Desa Labuhan kera,Dana Desa Dengan Metode Swakelola

pejabat kepala kampung Labuhan kera dwi indah
Singkilnews.id-kampung(desa)Labuhan kera kecamatan gunung meriah kabupaten aceh singkil,adalah salah satu bagian penerima aliran dana desa(DD) yang di gelontor kan pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten melalui APBK aceh singkil,sejak tahun 2015 silam.
Kampung(desa)Labuhan kera, ini juga tak kalah dengan kampung-kampung lain yang ada di kecamatan gunung meriah.

Hasil wawancara, wartawan singkilnews.id,kepada pejabat kepala kampung( PJ) Labuhan kera Dwi Indah,mengatakan Penggunaan dana desa harus dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, mampu mempercepat pembangunan di desa dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa.
musyawarah di kampung labuhan kera kecamatan gunung meriah aceh singkil
Sesuai dengan peraturan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meminta agar penggunaan proyek dana desa dilakukan secara swakelola agar tepat sasaran
untuk pembangunan proyek harus dikelola dengan pelaksanaan secara swakelola (swadesa)di bawah kendali TPK.”ujar Dwi.

Kemudian tambah nya Dana desa juga diprioritasnya menjadi kegiatan yang mampu menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya bagi warga desa.
Sebenarnya Kegiatan Swakelola adalah kegiatan Pengadaan Barang/Jasa dimana pekerjaannya direncanakan, dikerjakan dan/atau diawasi sendiri oleh
instansi pemerintah lain dan/atau kelompok masyarakat.
pembangunan jalan di  kampung labuhan kera  
Dengan begitu, tentunya akan menambah sumber pendapatan bagi warga di desa labuhan kera dan dapat menggerakkan perekonomian desa.

Untuk pembangunan tahun anggaran 2019. desa labuhan kera membangun Seperti membangun, jalan desa, talud,pemberdayaan dan lain sebagainya yang bermanfaat dan dibutuhkan bagi masyarakat di desa.dalam kegiatan itu kita terlebih dahulu membahas dalam musrenbangdes,desa apa saja yang  di proritas untuk pembangunan di tahun 2019.

Penggunaan Dana Desa dengan Metode Swakelola Ditangani langsung oleh TPK, bangunan ini akan dikerjakan warga desa setempat sebagai tenaga kerja. Berbagai kebutuhan seperti besi, pasir, semen, kayu dan sebagainya, semuanya dibeli di toko-toko di sekitar kecamatan gunung meriah ini.
Bukan hanya itu, tenaga kerja  juga harus  warga desa ini sendiri.
pengukuran pembuatan talud di desa labuhan kera kecamatan gunung meriah aceh singkil
semangat dari warga kampung/desa untuk membangun desanya lebih baik melalui pengelolaan dana desa secara tepat sasaran. Selain itu, melalui pemanfaatan dana desa bisa difungsikan sebagai stimulant bagi pergerakan sosial berdasarkan kebersamaan warga dalam bentuk gotong-royong.
Di sisi lain untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

“Inovasi Desa merupakan salah satu sarana untuk membuat desa lebih inovatif, dan kreatif. Tujuannya utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” jelas Dwi.(red/sukri malau)


Related

SOSIAL 8697940507928036248

Post a Comment

emo-but-icon

item