LSM KPPAS,Dukung DPMK Fasilitasi Pembentukan BumDes Bersama.


Singkilnews.id-Lembaga swadaya masyarakat Komunitas Peduli Pembangunan Aceh singkil(LSM KPPAS) mendukung Dinas Pemberdayaan Masyarakat mukim dan kampung( DPMK) Kabupaten Aceh Singkil untuk memfalitasi Pembentukan Bumdes Bersama.

Wacana pembemtukan bumdes tersebut di setiap Kecamatan  Sekabupaten Aceh singkil,Hal itu di sampaikan Bagas Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan inovasi Lsm. KPPAS, dalam Acara Diskusi tentang Carut Marutnya pengelolaan Dana Bumdes di Pemerintahan Desa Kabupaten Aceh singkil, minggu (9/11/2019). Di Kantor Sekertariat Lsm. KPPAS  kampung Rimo kecamatan Gunung meriah aceh singkil.

Ya Adanya Inisiatif Pihak DPMK Kabupaten Aceh Singkil untuk memfalitasi Pembentukan Bumdes Bersama Perkecamatan Se Kabupaten Aceh Singkil perlu kita dukung kata Bagas, Ia melanjutkan dari Diskusi yang di Lakukan Lembaga Lsm. KPPAS akar Persoalan masih carut marutnya Pengelolaan Bumdes di Pemerintahan Desa Aceh singkil adalah, terkait Sumber Daya Manusia ( SDM) yang masih rendah.

Di katakan nya Sejatinya Jajaran Pengurus Bumdes harus Minimal Tamatan SMA sederajat, agar dalam mengikuti Bimtek tentang Pengelolaan Bumdes supaya mampu menerima,menyerap,pelajaran yang di sampaikan Tutor.

Tapi menurut Pengakuan Bagas masih banyak Pengurus Bumdes di desa yang ada di Aceh Singkil tidak tamatan SMA, sehingga walaupun berkali kali mengikuti Bimtek yah..hasil nya jauh panggang dari api, arti nya. materi yang di sampaikan Tutor, Masuk dari telinga Kanan tapi keluar  telinga kiri, jelasnya bukan ke Otak, Artinya kata  Bagas sejago apapun tutor maupun Nara sumber dalam mennyampaikan Materi pelajaran Mungkin Nalar mereka tidak mampu menerima lagi.

Terkait dengan hal itu lanjut Bagas, mari kita dukung Niat baik Pihak DPMK Kabupaten Aceh Singkil untuk ikut memberi Masukan dan saran pendapat demi terwujudnya Bumdes yang berprestasi,sejahtra,makmur dan bermartabat tentu demi tercapainya Desa yang Mandiri tentu demi kesejahteraan Warga desa di Kabupaten Aceh Singkil.yang kita cintai ini Ucapnya, adapun saran yang di sampaikan Lsm. KPPAS terkait hasil Diskusi yang mereka lakukan adalah.
1. Pembentukan Bumdes Bersama agar segera di wujudkan dengan mensingkronkan Zona Perokonomian yang telah di gagas Pemkab Aceh singkil, yaitu Zona Perdagangan, Zona Pertanian dan Zona Parawisata. Dan Zona inilah di Singkronkan dengan jenis Usaha Bumdes tersebut.
2. Untuk ketua ketua Bumdes nya harus di Cari Orang yang berkompeten di bidang Ekonomi minimal Sarjana S 1 Jurusan Ekonomi atau Sarjana S1 di bidang Manejemen.
3. Di bentuk Bagian Pengawas dari Independen yang berintegritas Demikian “kata Bagas. .( S. kabeakan)

Related

SOSIAL 3295815678941605354

Post a Comment

emo-but-icon

item