Desa Alurlinci Membangun di Kerjakan Dengan Swakelola

kepala kampung  alur linci  sahudin saibu
 Singkilnews.id-kampung alurlinci kecamatan suro kabupaten aceh singkil telah melaksanakan kegiatan pembangunan fisik di tahun 2019. dari program anggaran dana desa(ADD) yaitu pembuatan Rabat beton, dan pembuatan pagar perternakan.saat di temui awak media kepala kampung Alurlinci,Sahudin Saibu mengatakan  seperti di sosialisasikan oleh pihak pemerintah bahwa”proyek dana desa wajib dilakukan secara swakelola, alias tidak boleh pakai kontraktor. Ketentuannya 30 persen harus dipakai untuk membayar upah dan dibayarkan secara harian.

prinsip  nya pengelolaan dana desa adalah unsur benefit (kemanfaatan) bagi masyarakat. Dimulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,”tutur nya.


Dalam pembangunan misalnya, diharapkan tenaga kerja yang diberdayakan adalah masyarakat sekitar desa (SDM Lokal). Bahkan material bangunan pun adalah berasal dari daerah sekitar, sehingga perputaran uangnya dirasakan secara menyeluruh oleh masyarakat Desa.

"Swakelola ini benar-benar dikelola oleh desa itu sendiri, tenaga kerja maupun bahan bangunan pun diupayakan dari daerah terdekat.

Mengenai sistem swakelola sangat jelas dengan kehendak pemerintah pusat dan desa, tidak seharusnya dana desa menggunakan pihak ketiga. Setiap Desa sudah memiliki TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) sebagai pengawal pengelola program pembangunan melalui dana desa tersebut.


"Merekalah yang mengkoordinir pekerjaan, dengan harapan bisa terserapnya tenaga kerja lokal, lalu apakah ada jaminan ketika pihak ketiga yang mengambil alih pekerjaan (tukang) tersebut adalah warga lokal? Sangat tidak mungkin,Menurut kades sudah jelas karena mempertimbangkan faktor  manfaat bagi masyarakat desa sekitar.

Pemerintah pusat mempercepat program pembangunan desa secara padat karya.langkah program tersebut agar segera terealisasi di lapangan kami berharap semua pighak untuk mendorong pembangunan desa secara padat karya.

Selanjut nya  kami sangat berharap kepada warga Alurlinci supaya bisa pengembangan pemanfaatan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman baik secara individu maupun kelompok untuk menciptakan atau memperbaiki sebuah produk baik dalam bentuk barang atau jasa yang dapat memberikan nilai tambah baik dalam bidang infrastruktur, sumberdaya manusia, ekonomi dan sosial budaya.

Pengertian inovasi desa adalah proses pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang dipetik dari hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan pembangunan desa baik yang sudah ada atau terbaru dalam bentuk barang atau jasa yang dapat memberikan nilai tambah secara berkelanjutan, baik melalui pembangunan infrastruktur, pengelolaan sumberdaya manusia, ekonomi dan sosial budaya.

inovasi desa merupakan setiap ide atau pun gagasan baru yang belum pernah ada atau pun diterbitkan sebelumnya. Sebuah inovasi biasanya berisi terobosan-terobosan baru.

Dalam jangka menengah dengan mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejateraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa. Sesuai dengan arah dan kebijakan dan sasaran Kementerian Desa PDTT pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

kegiatan yang dijalankan, memfasilitasi pertemuan-pertemuan musyawarah masyarakat, dan lain-lain. Melalui program dana desa ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.”tegas saibu nama sebutan nya(red/sukri malau)

Related

RAGAM 185084005871582673

Post a Comment

emo-but-icon

item