Makam Syeh abdurrauf di kilangan perlu di benahi.


Singkilnews.id-Makam Syeh Abdurrauf Assingkily yang berada di kampung Kilangan kecamatan singkil,Kabupaten Aceh singkil perlu di benahi,demikian pernyataan Ketua LSM,Komunitas Peduli Pembangunan Aceh Singkil(LSM- KPPAS) kepada wartawan Kamis (10/10/2019) di Singkil.
Ia mengatakan sepertinya Pemerintah Aceh singkil belum memiliki Program yang serius untuk menjadikan Makam Syah Abdurrauf sebagai Destinasi Wisata Religius yang dapat di andalkan.

Dinas Parawisata sibuk dengan Parawisata di pulau banyak sehingga Anggaran selalu di plot kan ke pulau banyak.kemudian belakangan ini muncul Wacana untuk Mengembangkan Destinasi Wisata Rawa Singkil Lae treup yang katanya sedang di loby ke Menteri Maritim.

Dikatakan upaya itu memang bagus Dan LSM KPPAS siap mendukung, namun  Alangkah lebih baik nya jika Obyek Wisata yang sudah memiliki bangsa pasar seperti Wisata Religius  Makam Syeh Abdurrauf. di tata dengan baik dengan menambah anggaran untuk merehap dan merenovasi Makam itu dengan tidak menghilangkan Situs sejarah yang ada di Makam tersebut, seperti Tulisan dan Ornamen yang ada untuk tetap di pertahankan juga letak Makam jangan di rubah, yang di benahi adalah bangunan yang ada di sekitar Makam tersebut.

Seperti Mesjid dan Rumah di sekitar Makam di percantik kemudian halamannya di bangun dan di tata dengan Indah dan di beri atap . kemudian Lanjut Kabeakan di sekitar Makam di bangun lesehan dengan Kapasitas dapat menampung  sekitar Seribu penjiarah. Karena setiap tahun penjiarah dari Provinsi Sumatera Barat datang dengan rombongan bahkan bisa mencapai Ribuan Orang, Kemudian Lanjutnya di Gerbang Masuk Makam di bangun Gapura dengan tatanan yang Indah dan warna cat yang melambangkan Keislaman dan dipadu dengan Tulisan tulisan Kaligrafi Arab melayu, seperti tulisan,Anda memasuki Kawasan Makam syeh Abdurrauf.

Ditempat terpisah M.firsya aditya seorang Mahasiswa Aceh singkil jurusan Arsitek mengatakan Keindahan penataan Bangunan mulai dari lingkup makro hingga lingkup mikro merupakan keniscayaan untuk memperindah sebuah Obyek wisata Religius di samping Obyek utama yaitu Sejarah dan keorisinilan dari Obyek tersebut, di katakan Orisinil adalah tentu tidak ada dua atau tiga yang bernama Syeh Abdurrauf Alsingkily yang merupakan Ulama besar kelahiran Aceh singkil, sementara jika bicara tentang wisata pulau banyak tentu terkait pantainya yang indah masih banyak di daerah lain memiliki pantai indah, demikian juga tentang Wisata yang lain tapi kalau Makam Syeh Abdurrauf Alsingkily tidak ada di daerah lain Kecuali hanya ada di Aceh.dan sebenarnya fakta ini dapat di jadikan modal untuk mempromisikan ke mancanegara utamanya Timur tengah supaya Makam syeh Abdurrauf di jadikan sebagai Wisata Religius andalan di Aceh, tapi dengan syarat wajib di tata dan di kelola dengan baik.dan juga harus di bentuk struktur Manejemen pengelola Kawasan Wisata religius Makam itu, yang di bawahi langsung Dinas Parawisata dan Syariat Islam, dan jika hal ini di lakukan Insya Allah Makam syeh Abdurrauf akan menjadi Destinasi Wisata Religius yang dapat nenghasilkan PAD bagi Aceh singkil,tutur Firsya jebolan Pasantren Darul hasanah Payabundung Medan itu.(red)

Related

SOSIAL 7067200081343655856

Post a Comment

emo-but-icon

item