Keuchik Silatong:Kiat Membangun,Di era Desa Membangun

kepala kampung silatong Abdul Hakim
Singkilnews.id-kampung(desa)silatong kecamatan simpang kanan kabupaten aceh singkil.adalah merupakan  salah satu desa terdepan, karna letak nya persis jalan raya lintasan aceh singkil  dengan pemko kota subullussalam.

Mengenal istilah membangun desa dan desa membangun

Setelah disahkannya Uundang-Undang Nomor. 6 Tahun 2014 tentang Desa, kini Desa tidak hanya menjadi objek pembangunan. Dengan Dana desa yang tidak sedikit ditambah asset dan potensi desa yang sudah ada dan dapat terus dikembangkan muncul paradigma baru tentang Desa Membangun.”kata Abdul Hakim,keuchik silatong kepada singkilnews.id.

pembangunan box kaver 
Desa membangun memiliki makna, bahwa desa dapat berperan aktif dalam pembangunan desa. Pemerintah desa dan warga dapat bersinergi menentukan arah pembangunan desa.

Baik membangun Desa ataupun Desa membangun, sama-sama memiliki tujuan akhir yang positif untuk desa dan masyarakatnya.”ujar nya.Hanya saja pada paradigma Desa Membangun, dengan sendirinya diharapkan agar Desa silatong kecamatan simpang kanan aceh singkil, dapat mengatasi masalahnya dengan lebih aktif dan lebih tepat sasaran.

Kebermanfaatan eraDesa Membangun

Kami berharap Desa-desa di aceh singkil ini jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Pemerintahan Desa nampak lebih meningkat kepercayaan dirinya dalam memimpin pembangunan di Desa.Kami juga sangat mengharapkan perubahan yang signifikan yang dirasakan oleh masyarakat desa,di wilayah Kabupaten aceh singkil adalah bertambahnya asset milik desa yang dapat membantu kelancaran aktivitas ekonomi dan lainnya di desa. Bahan perbaikan di era Desa Membangun

Desa membangun akan melibatkan banyak pihak untuk percepatan pembangunan di desa. Tidak hanya pemerintah, para profesional dari dalam desa dan dari luar desa akan dilibatkan.

Namun Sayangnya, ada saja oknum yang sengaja atau tidak sengaja telah mengkhianati pesan penting pembangunan di tingkat Desa. sebelum lahirnya UU Desa. Dahulu desa dianggap hanya sebagai obyek. Selama itu pembangunan desa ditentukan oleh struktur di atas desa yakni kecamatan, kabupaten dan provinsi.
Apa hebatnya paradigma Desa Membangun?
Desa membangun memiliki banyak keunggulan karena warga desa menjadi terlibat dalam proses membangun desanya.ini memungkinkan warga desa menentukan sendiri prioritas dan visi pembangunannya sendiri karena keputusannya dilakukan dalam Musyawarah Desa. Meski sama-sama membangun ruas jalan atau infrastruktur misalnya, hasilnya bakal berbeda karena partisipasi warga desa bakal membuat manfaat program menjadi jauh lebih besar.

kegiatan ibu-ibu PKK  memasak 
Kedua, masyarakat desa terdorong menjadi mandiri dalam merumuskan langkahnya membangun kesejahteraan desa. Warga juga menjadi jauh lebih bersemangat menjalankan pembangunan desanya karena mereka memiliki hak dan wewenang menentukan apa yang desa mereka butuhkan. Apalagi kini mereka bisa mengelola potensinya secara Swakelola. Cara ini bisa menciptakan efisiensi tinggi.”tutup Abdul Hakim.(sukri malau/red)










Related

SOSIAL 1814888771365065511

Post a Comment

emo-but-icon

item