LSM KPPAS Minta Seluruh Elemen Masyarakat Dukung Lae Treup Sebagai Zona Wisata Dunia

                                             foto/Lae Treup

Singkilnews.id, Aceh singkil -Ketua Lsm Komunitas Peduli Pembangunan Aceh Singkil( KPPAS) S. Kabeakan meminta kepada seluruh elemen Masyarakat Aceh singkil untuk mendukung Pemerintah menjadikan Lae terep ( Rawa singkil) di kembangkan menjadi Zona Wisata kelas Dunia .
Harapan dan saran itu di sampaikan Kabeakan di sebuah Cafe di Rimo.jumat 23/08/2019.
Tentang Wacana Pemerintah Aceh singkil mengembangkan Lae terep sebagai Destinasi wisata di Kabupaten Aceh Singkil.

Ia berharap Wacana itu jangan sekedar wacana belaka tapi harus di tindak lanjuti bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat dan harus melibatkan pemangku adat di sekitar zonasi Rawa singkil.sebab Kabeakan menuturkan Sering Pemerintah lalai melibatkanPemangku adat dan tokoh Masyarakat dalam membuat suatu program pembangunan padahal hal itu sangat penting apalagi terkait masaalah batas batas lahan dan ganti rugi bila ada wilayah atau batas batas zonasi yang terkena dampak akibat adanya pembangunan kedepan di rawa singkil.

Ditambahkan, dalam proses menjadikan Lae terep menjadi Destinasi Wisata banyak hal yang harus di lalui, yang paling mendasar adalah Dana kompenasi kepada Warga masyarakar sekitar yang selama ini menggantungkan hidup mereka untuk mencari nafkah seperti mencari rotan dan mencari ikan.
Kemudian hal kedua adalah membuat Survey yang akurat mencari Komunitas Plora dan fauna apa saja  yang  langka yang ada di Hutan Rawa Lae terep.

Dan lanjutnya hal ketiga adalah membuat peta dan batas yang akurat terkait Zona wilayah yang akan di jadikan tempat Wisata karna kita ketahui Daerah Kabupaten Aceh singkil kerap terjadi konplik pertanahan apalagi Rawa singkil di kelilingi perusahaan Perkebunan. Dan 
Pogres itulah di sampaikan ke Dirjen Kemaritiman yang telah memberi Sgnal positif agar Lae trep di kelola sebagai Destinasi Wisata. Kemudian lanjut Kabeakan yang tak kalah penting adalah Keseriusan pihak Pemerintah aceh singkil untuk terus berupaya melakukan loby loby ke Pemerintah pusat dengan menggandeng Partai politik yang ada relevansinya terkait Hajat yang akan di gapai.karna Ketua Lsm KPPAS ini mengatakan Selama ini pihak Pemjsb Aceh singkil tidak maksimal memanfaatkan Orang orang partai untuk meloby Dana APBN dari pusat. Padahal di Indonrsia penguas yang sesungguhnya adalah Partai politik. Demikian Kabeakan.( red/S)

Related

WISATA 8245667591269367415

Post a Comment

emo-but-icon

item