Pelatihan Mobile Training Unit (MTU) I di SMK N 1 Gunung Meriah Di Gelar oleh Disdik Aceh




Singkilnews.id - Sebanyak 60 siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gunung Meriah mengikuti program pelatihan Mobile Training Unit (MTU) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Aceh pada 1-13 Juli 2019.

MTU kali ini merupakan MTU I dimana bergerak dalam bidang teknik bangunan dengan menghadirkan truk kontrainer yang didalamnya berisikan alat praktik.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, SPd, MPd, diwakili PPTK Dinas Pendidikan Aceh, Sulaeman, Rabu (03/7/2019) mengatakan kegiatan MTU sebagai ajang siswa siswi SMK untuk meningkatkan kompetensi menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan revolusi industri 4.0.

Dinas Pendidikan Aceh terus memotivasi semua pihak untuk mempersiapkan upaya-upaya yang strategis untuk mengantisipasi peningkatan mobilisasi tenaga kerja antar negara ASEAN, khususnya di Indonesia.

"Salah satu antisipasi terhadap MEA dan revolusi industri 4.0 sangat diperlukan, terutama di bidang pemberdayaan dan pengembangan SDM terampil," Katanya.

Nantinya program MTU dapat mencetak SDM handal sehingga mampu berkompetisi di era MEA dan revolusi industri 4.0.  Bahkan bisa menembus pasar kerja di tingkat regional dan internasional.

Program pelatihan MTU ini diharapkan nantinya supaya apa yang diajarkan instruktur dapat menjadi manfaat masyarakat diwilayahnya sehingga meningkatkan persentase kemudahan untuk mendapatkan tenaga kerja yang relevan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.


Kepala SMK N 1 Gunung Meriah, M Saifullah S mengatakan MTU kali ini merupakan yang ke tiga kalinya di sekolah tersebut. Pertama MTU 3 yang bergerak dibidang permesinan. Kedua MTU I yang bergerak dibidang teknik bangunan sementara untuk tahun ini sama, yakni MTU I.

"Kedepannya di tahun 2020 yang belum pernah tersentuh adalah jurusan TIK atau multimedia," harapnya.

MTU ini telah dioperasikan berkeliling di wilayah Provinsi Aceh sejak tahun 2006 yang didanai oleh Swiss Solidarity, Medicor Foundation of Lichtenstein dan Swisscontact, serta Swiss Foundation for Technical Cooperation.

Kompetensi keahlian pada Mobile Training Unit (MTU) I yakni Plumbing, Joinery, Cabinet Making, Breaklaying. (red)

Related

SOSIAL 4520812759012456647

Post a Comment

emo-but-icon

item