Irfan Effendi ketua YARA, memintak kepada kapolri untuk mencopot kapolres aceh singkil


irfan Effendi ketua,  yayasan  advokasi rakyat aceh,YARA

Singkilnews.id,aceh singkil –Meninggal nya Dedi Kasih, 19 tahun, warga Desa Sebatang, Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil,akibat tertembak oknum polisi pada saat menonton hiburan kayboard di acara pesta perkawinan di kampung siderejo kecamatan gunung meriah aceh singkil.menjadi sorotan banyak pihak, seperti satu di antara lain nya, yayasan  advokasi rakyat aceh,di wilayah aceh singkil juga ikut mengutuk insiden itu.Irfan Effendi, selaku ketua YARA menyampaikan kepada  sejumlah awak media dalam relis pers nya senin(15/7/2019)bahawa”meminta kepada Kapolri untuk mencopot, Kapolres Aceh Singkil AKBP Andrianto Argamuda SIK, karna dinilai lalaidalam mengontrol anak buah nya sehingga jatuh korban,Kemudian ia juga Mengutuk penembakan yang di lakukan oleh oknum kepolisian,yang terjadi Minggu (15/7/ 2019) dini hari.di desa sidorejo kecamatan gunung meriah Aceh Singkil.

Pelaku nya Agar ditindak tegas sesuai perundang undangan, dan Meminta seluruh jajaran polres Aceh Singkil agar dilakukan tes psikotes kepada seluruh polisi untuk layak atau tidak nya memegang senjata api. YARA juga akan mengundang Komnas HAM agar dapat memantau dan menginvestigasi kejadian tersebut.
“Kejadian ini sangat di sayangkan karna ada jatuh korban, kejadian ini seharus nya tidak perlu menggunakan senjata api karna pertikaian antara pemuda di acara hiburan pesta perkawinan itu tidak di rencanakan,terorganisir, pertikaian atau perkelahian pemuda itu tidak menggunakan senjata tumpul, senjata tajam bahkan tidak menggunakan senjata api, Yara aceh Singkil meminta untuk transparan dalam penyidikan tersebut.
pelaksanaan pemakamaan  alm dedi kasih di desa sebatang  kecamatan gunung meriah aceh singkil

Seperti di beritakan sebelum nya waka polres aceh singkil, kompol sutan siregar  menyampaikan bahwa"Pelakunya tetap diungkap dan proses hukum segera, tidak ada yang di tutup-tutupi, laporan ini juga sudah kami sampaikan ke Kapolres Aceh Singkil, Polda, dan Kapolri.”ujar waka polres.
Sementara Kapolres Aceh Singkil AKBP Andrianto Argamuda, melalui telepon selulernya kepada wartawan mengaku sedang dalam perjalanan dari Banda Aceh menuju Aceh Singkil.

Andrianto memastikan kejadianpenembakan itu diproses sampai tuntas,inisial oknum polisi ini, RD Saat ini pelaku sedang diproses, dimintai keterangan.
"Saya sangat menyesalkan kejadian ini, karena ini kejadian yang tidak diharapkan, dan kepada keluargakorban mengucapkan bela sungkawa yang sedalam dalamnya.(sukri malau/red)



Related

SOSIAL 1641295538172243456

Post a Comment

emo-but-icon

item