LSM ACW DUKUNG ACEH SINGKIL TUAN RUMAH FORUM PPID KE 12

foto:ist kantor bupati aceh singkil


Singkilnews.id- Kordinator Lsm. Acw Drs. SL. Pasaribu  mendukung  pelaksanaan Forum PPID ( pejabat pengelola informasi dan Dokumentasi) ke 12 se provinsi aceh di laksanakan di Kabupaten Aceh sungkil , Kita Apresiasi kata Pasaribu, melalui siaran pers nya, kepada singkilnerws.id, Sabtu (15/06/2019) di  Banda aceh.

Pasaribu menambahkan alasannya Mendukung di laksanakan di Kabupaten Aceh singkil adalah untuk memberi pemahaman kepada pejabat di Daerah itu terkait Keterbukaan Impormasi publik sebagai mana telah di amanahkan UU No 14 tahun 2008. Tentang keterbukaan informasi publik. Karena menurut Kordinator Lsm. Acw ini, Lembaganya sudah beberapa kali melakukan monitoring di Kabupaten Aceh singkil dengan menyurati  mulai dari Kepala SKPK, kepala kepala Sekolah dan Kepala Desa, namun menurut pengakuan Pasaribu para pejabat tersebut enggan membalas surat permintaan Data yang di layangkan Acw. Dan para pejabat tersebut beralasan hal itu merupakan Rahasia negara. Padahal yang kita minta lanjut Pasaribu seperti Realisasi phisik dan keuangan Anggaran yang di kerjakan para pejabat tersebut. Sementara di dalam pengelolaan administrasi tata pemerintahan yang di katakan Rahasia Negara hanya 3 yaitu, stategi pertahanan Nasional, Strategi sistim moneter nasional dan Kekayaan Intelektual. Namun patut di sayangkan banyak para pejabat selaku pengguna Anggar
an  belum mengaktualisasikan UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik ( KIP ) tetsebut sebut Pasaribu. Dan Sambungnya lagi kiranya Pelaksanaan Forum PPID itu   nantinya dapat di manfaatkan dengan baik dengan mengundang seluruh pejabat mulai dari kepala desa selaku pengguna Anggaran Dana Desa juga para  kepala kepala sekolah selaku pengelola Dana BOS juga kepala kepala Puskesmas yang mengelola dana BOK, Jampersal dan BPJS. Dan terutama Kepala kepala Dinas selaku pengelola Anggaran berupa proyek Phisik dan Non phisik. Sehingga acara Forum PPID itu nantinya dapat di jadikan Momentum yang berharga yaitu Mudahnya Masyarakat mengakses Informasi secara mudah dan berbasis transparan. Karena  pejabat yang alergi dengan keterbukaan informasi atau takut di tanya tanya terkait Penggunaan anggaran yang di percayakan rakyat kepadanya  sebagai pengelola anggaran,pertanda Pejabat tersebut adalah berwatak Koruptor.
foto:ist LSM
Terkait rencana agenda Forum PPID ke 12 yang akan di laksanakan di Aceh singkil, Kordinator Acw ini juga meminta kepada Pemerintah Aceh singkil supaya momen itu dapat di jadikan ajang evaluasi  penerapan PPID di Pemerintahan Aceh singkil
Karena banyak kalangan pegiat sosial maupun Lembaga Swadaya Masyarakat kesulitan mengakses Informasi terutama terkait Informasi atau data Realisasi phisik dan keuangan di Dinas dinas. Ia juga berharap di samping ajang tersebut sebagai promosi Wisata di aceh singkil tapi yang paling penting adalah Terciptanya Keterbukaan Informasi publik di Pemerintahan aceh singkil dengan membuat terobosan baru untuk MEMPUBLIKASIKAN APBD SECARA TERBUKA DI SETIAP KANTOR SKPK BESERTA REALISASI PISIK DAN KEUANGANNYA sehingga Masyarakat dapat mengetahui secara transparan dan ini lah sesungguhnya esensi dari amanah UU No 14 Tahun 2008 Ujar Pasaribu .( RED/SH)


Related

SOSIAL 6482991401466283021

Post a Comment

emo-but-icon

item