Ternyata Dai Muda Terkenal di Bumi Minangkabau ini,Putra Aceh Singkil

ustadz Muttaqin,s.pd.I.M.H.I

Singkilnews.id- Kabupaten Aceh Singkil merupakan salah satu negerinya para ulama di Aceh. Hingga kini perjuangan dakwah para ulama besar Aceh Singkil, seperti Syekh Abdurauf Assingkily dan Syekh Hamzah Fansuri, masih terus dilanjutkan oleh anak cucu.

Banyak penerus perjuangan syiar Islam para ulama besar itu. Seperti diantaranya Ustadz Muttaqin SPdi, MHi yang merupakan putra Pulau Banyak Aceh Singkil yang kini menjadi pendakwah muda yang terkenal di Bumi Minangkabau Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Selain aktif di Pesantren Haji Miskin Pande Sikek sebagai tenaga pengajar, Muttaqin juga sibuk sebagai Direktur Lazis (Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah) di ponpes tersebut.

Kini putra kelahiran Singkil dan besar di Pulau Banyak tersebut sangat sibuk dan aktif berdakwah di berbagai tablikh akbar di berbagai daerah di Sumatera Barat.

Kisah perjalanan panjang, Ustad Taqin, sapaan akrabnya itu, sejak 6 tahun usianya telah hijrah meninggalkan Pulau Banyak merantau untuk menuntut ilmu agama ke Padang Panjang Sumatera Barat, dan mondok di Pasantren Haji Miskin Pande Sikek.

Selama enam tahun menimba ilmu di pesantren tersebut Muttaqin kembali melanjutkan pendidikan ilmu agamanya ke Solo Jawa Tengah, sekaligus belajar Tahfiz Qur’an.

Namun tak lama mendalami ilmu Tahfiz Qur’an, Muttaqin pun hijrah ke Jakarta untuk menyelesaikan pendidikan dan menyandang gelar sarjana yan dicita-citakannya.Setelah menyandang gelar sarjananya,

Muttaqin pun kembali ke Pesantren di Sumatera Barat, dan mengabdi sebagai pengajar bagi santri, sekaligus aktif berdakwah berkeliling Sumbar. Bahkan Muttaqin kerap mendapat undangan sebagai pendakwah mengisi Tablikh Akbar di Provinsi Riau.

Tak puas sampai disitu, sambil terus berdakwah, putra pasangan Alm Ustadz Mardani Hamid BA dan Hj Husnidar itu, kembali melanjutkan studinya mengambil Strata 2 di IAIN Bukit Tinggi.

Selama 2 tahun perjalanannya akhirnya Muttaqin berhasil menyandang gelar S2.

Tak hanya disitu kini Muttaqin kembali melanjutkan pendidikannya untuk mengejar gelar akademik tertinggi, (gelar Doktor/S3)  di UIN Imam Bonjol Padang, yang sedang proses penyelesaian saat ini.Sekretaris Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) Aceh Singkil, Mustafa Naibaho yang merupakan salah satu rekan Ustad Muttaqin, Senin (29/4)/2019) mengaku sangat bangga, atas Dai Muda terkenal di Sumatera Barat yang aktif menjalankan syiar Islam di Bumi Minangkabau yang merupakan putra Kabupaten Aceh Singkil.

Mustafa berharap, hendaknya keberhasilan Ustadz Muttaqin itu menjadi inapirasi dan motivasi bagi anak-anak dan para kaula muda. Sehingga dapat mengikuti jejak keberhasilan para dai-dai yang sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia, dan terinpirasi untuk mondok di pesantren sebagai calon penerus perjuangan ulama-ulama besar Aceh Singkil, Syekh Abdurauf Assingkily dan Syekh Hamzah Fansuri.
Sumber:orbitdigitaldaily.com


Related

SOSIAL 8053475292646414545

Post a Comment

emo-but-icon

item