Hari Ini, Baitul Mal Singkil Mulai Salurkan Beasiswa Mahasiswa



Singkilnews.id-Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil hari ini mulai menyalurkan beasiswa untuk mahasiswa Aceh Singkil, yang sedang belajar di sejumlah universitas berbagai daerah.

Kepala Baitul Mal Aceh Singkil Ustad Ali Sadikin menyebutkan, selama dua hari bagian keuangan mengurus proses pencairan beasiswa mahasiswa. Lantaran, ada nomor rekening enam orang penerima yang sudah tidak aktif.

“Namun keenam penerima ini bisa langsung datang kekantor Baitul Mal Aceh Singkil untuk pencairan tunai, karena nomor rekeningnya yang tercatat tidak aktif lagi,” sebutnya.

Kendati, hari ini penerima lainnya sudah tidak ada masalah. Dan sudah ditransfer masing-masing ke rekening penerima masing-masing.

“Siang ini sebagian sedang proses transfer di Bank Aceh, mungkin setengah hari nanti sudah bisa ke BRI transfer rekening lainnya,” kata Ali Sadikin saat ditemui Orbitdigital di halaman Gedung Bank Aceh, Rabu (20/3/2019).

Dijelaskannya, sebanyak 1005 mahasiswa yang mengusulkan sebagai penerima beasiswa mahasiswa. Setelah melewati validasi dan verifikasi sesuai kriteria mahasiswa miskin dan sudah semester IV, maka ditetapkan sebagai penerima sebanyak 800 mahasiswa penerima.

“Hari ini sampai besok para mahasiswa sudah bisa cek rekening masing-masing, apakah sudah masuk. Masing-masing menerima Rp1.000.000,” ucap Ustad Sadikin

Dijelaskannya, memang seperti biasa seharusnya beasiswa ini sudah disalurkan paling lambat Desember 2018.

Namun penyalurannya terlambat, lantaran pembiayaan beasiswa tahun 2018 yang bersumber dari dana zakat, dan masuk dalam silpa tahun anggaran 2017 tidak dapat dicairkan melalui anggaran perubahan 2018.

Sesuai perundang-undangan dana Silpa bisa digunakan melalui pembiayaan APBK Perubahan. Sementara anggaran perubahan 2018 tidak tersedia karena keterlambatan pengusulan, lantaran terganjal peraturan gubernur (Pergub).

Disamping itu, disebutkannya pihaknya juga terlebih dahulu melakukan verifikasi dan validasi terhadap berkas mahasiswa penerima beasiswa, sehingga baru bisa disalurkan Maret 2019.

Lebih lanjut Ustaz Sadikin menjelaskan, dana infak dan zakat tahun 2018 terhimpun senilai Rp5 miliar. Dari jumlah tersebut sudah disalurkan untuk Ibnu Sabil sebanyak 20 persen. Pembagiannya untuk Ibnu Sabil 60 persen dan untuk mualaf, gharimin, fakir miskin, amil 40 persen.

Sehingga untuk beasiswa mahasiswa 2019, pihaknya belum bisa memastikan ketersediaan dana tersebut, karena sudah tersalurkan hampir keseluruhan.

“Kita lihat juga ketersediaan dana zakat dan infak kita, jika banyak terhimpun bisa kita salurkan, jika tidak ada melihat ketersediaan dana 2020,” terang Ustaz Sadikin yang sekaligus menghimbau masyarakat, ASN maupun perusahaan Swasta untuk menyalurkan zakat nya ke Baitul Mal Aceh Singkil.
Sumber:Orbitdigital

Related

SOSIAL 1639316948443409115

Post a Comment

emo-but-icon

item