Tarian-Tarian Tradisional adat aceh Singkil Masih di lestarikan di kecamatan kuta Baharu

foto takhi biahat/ takhi bakhat aceh singkil
Tarian-Tarian Tradisional  adat aceh Singkil  Masih di lestarikan di kecamatan kuta Baharu

Singkilnews.id – Tarian-Tarian Tradisional  adat aceh Singkil  Masih di lestarikan di kecamatan kuta Baharu Rangkaian budaya adat Aceh Singkil ditampilkan pada pelaksanaan pesta perkawinan dan sunat rasul, di kecamatan itu, dan sangat memukau hati, pengunjung dan undangan pun berdatangan  pada Sabtu malam,seperti di langsir, acehsatu.com (6/1/2019 ) di kediaman M. Nasir di Desa Danau Bungara, Kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil.

Beberapa tarian adat Aceh Singkil ditampilkan saat pesta diantaranya  Tarian Dampeng , Tarian Alas, Tarian Bakhat, Tarian Piring, dan Mentonjong,  ke semua jenis tarian tersebut mempunyai makna tersendiri.
Undangan dari M. Nasir pada pesta  perkawinan Andre dengan Dewi Sertika Ana SH menyelenggarakan hampir semua prosesi adat istiadat Aceh Singkil disertai tarian adat yang ditampilkan sangat menghibur.

Jadwal tampil Budaya Adat pada pesta perkawinan dan sunat rasul itu ditentukan sesuai dengan adat  zaman terdahulu dan kini tetap mengikuti tradisi sebelumnya.

Gendang, tarian, dan hentakan kaki serentak membuat sorakan penyemangat kepada pemalu gendang dan  penari.
Tampak jelas  Amansyah, warga Samardua yang ikut serta memalu gendang.

Amatan wartawan,  pukulan gendang dan nyanyian berisi pantun mengikuti hentakan kaki, goyangan tangan pun terarah berkesesuaian dengan lantunan pantun dan hempasan kaki kian energik membuat pengunjung dan undangan terhibur.

Keunikan dan keanehan tarian adat budaya Singkil bertambah lagi jika  Tarian Dampeng dan Tarian Alas ditampilkan, terkadang tangisan menyertai di saat pantun dilantunkan.

Kisahnya mengenang saat zaman dulu yang sudah ditinggalkan dan dihadapkan pada era kemajuan. Pantun berisi pula nasihat bijak sehingga rasa kekhawatiran kepada anak-anak zaman sekarang agar tetap tak lupa terhadap adat istiadat Aceh Singkil.
Hiburan budaya adat Aceh Singkil yang lazim ditampilkan seperti Tari Dampeng baik saat pesta maupun kunjungan tamu-tamu terhormat menggambarkan Dampeng andalan budaya Aceh Singkil yang mempersatukan dan perlu dilestarikan.

Di setiap pesta perkawinan dan sunat rasul biasanya dilangsungkan selama 3 hari dan 2 malam yang selalu

diiringi tarian adat, prosesi berjalan hingga terakhir acara menjatoh atau temetok dengan memberikan uang alakadarnya.
Kemudian masuk ke sesi membantu  mendoakan dari keluarga yang berpesta dengan
menepungtawari dan beras gersing atau peusijuek memakai beras kuning, dimaksudkan agar keluarga penyelenggara pesta pernikahan utamanya kedua pengantin mendapatkan kedamaian, rukun hingga ke anak cucu. (red/sm)

Related

SOSIAL 6079949540540917316

Post a Comment

emo-but-icon

item